Kamis, November 06, 2008

Otak-otak Bangka


Beberapa hari ini ntah kenapa aku lagi pengen makan yang khas2 dari kampung (Bangka). Kali ini pengennya makan otak-otak Bangka. Tapi yah..otak-otak ala rumahan, bukan ala warung atau restoran. Karena kalo otak2 yang dijual di warung banyak pilihannya. Misalnya : otak2 bungkus daun pisang, otak2 tales (bentuk bola2), otak2 rebus/kukus/goreng (kalo orang cina bangka bilang 'bujan & enjan', otak2 rebus bentuk kerupuk, otak2 kulit (kayak adaan di pempek palembang), dll. Dan juga kalo di warung, kuahnya ada yang pake Tauco dan kuah cuka (bening dan rada pedaasss). AKu sendiri kalo makan di warung, senang jika kuahnya dicampur (tauco dan kuah cuka). Ennnaakk...ga terasa bisa habis berpuluh2 otak2.

Di Bangka, daerah yang terkenal enak otak2nya adalah Belinyu (Bangka Utara) dan Pangkal Pinang (Bangka Tengah - Ibukota Prov.). Daerahku sendiri Sungailiat jarang ada yang buat otak2 sekomplit pilihan warung2 di Belinyu dan P.Pinang. Makanya nenek ( mamak-ku ) lebih sering buat sendiri.. tapi tetap euunnnakkk :-p.


OTAK-OTAK BANGKA
(versi rumahan - resep nenek)
sebenarnya hampir sama dengan bahan dasar dan komposisinya kalo bikin Tekwan

Bahan Otak-otak:
- 1 Kg Daging Ikan Tenggiri
- 500 gr Tepung Sagu
- Es batu ( 5 - 6 butir) atau air es secukupnya
- Garam secukupnya
- Bawang Putih dihaluskan (jika suka)

Bahan Kuah Tauco :
- 5 sdm Tauco Manis (atau secukupnya)
- 1 balok Gula Merah (atau secukupnya)
- Gula Pasir secukupnya
- 4-s/d 5 Cabe Merah Keriting
- 4 s/d 5 Cabe Rawit merah (jika ingin lebih pedas lagi)
- 4 s/d 5 siung Bawang Putih
- 3 s/d 4 butir Air Jeruk Kunci atau bisa diganti dengan cuka masak

Bahan Kuah Cuka ( aku belum bisa buat yang enak he..he..)

Cara Membuatnya :
OTAK2 :
1. Giling daging ikan.
2. Tambahkan es batu atau air es. Uleni hingga tercampur rata.
3. Tambahkan sedikit garam. Uleni lagi.
4. Rebus air untuk merebus otak-otak sampai mendidih.
5. Bentuk otak-otak sesuai selera. Jika ingin direbus, rebus otak2 kedalam air mendidih. Jika ingin dikukus atau goreng, silahkan :-).
6. Angkat otak2 jika sudah mengapung (tanda sudah matang).

Otak2 yang sudah matang (mengapung)

7. Angkat otak2 dan tiriskan. Lakukan sampai adonan ikan habis.

KUAH TAUCO :
1. Haluskan semua cabe, sedikit garam, bawang putih.
2. Masukkan gula merah dan haluskan.
3. Rebus air kira2 500 ml atau secukupnya hingga mendidih.
4. Masukkan bumbu2 dan gula merah yg sudah dihalus ke dalam air yg sudah mendidih. Masak hingga harum.
5. Masukkan air jeruk kunci dan gula pasir (jika masih kurang manis). Masak hingga harus dan tentunya rasa kuah tauconya enak sesuai selera masing2.

Otak2 goreng/Rebus


Catatan :
- Otak2 buatanku kali ini pake ikan selar. Selain murah, rasanya juga enak untuk dibuat otak2. (kalo versi rumahan, kita seringnya pake ikan selar atau ikan parang "istilah orang Bangka"). Bersihkan ikannya kemudian daging ikan dikerok menggunakan sendok makan. Jika ikannya 1 kg maka dagingnya minimal 1/2 dari berat total ikan.
- Untuk rasa dasar otak2, aku hanya menambahkan sedikit garam. Tapi banyak juga yang ditambah bawang putih yang sudah dihaluskan.
- Untuk rasa asam kuah Tauco biasanya kami pake air jeruk kunci tapi kebanyakan orang pake cuka masak atau air asem jawa. Kenapa air jeruk karena aku punya sakit maag, khawatir maag nya kumat kalo pake air cuka.
- Bentuk otak2 bisa sesuai selera. Jika ingin buat otak2 tales, parut umbi tales bogor dan campurkan pada adonan daging ikan yang sudah digiling dan dicampur sagu. Kemudian di goreng.

Semoga catatan bunda tentang otak2 Bangka ini bisa bermanfaat.. :-)

6 komentar:

On Me mengatakan...

Benar-benar jago masak Ibu satu ini. Kapan-kapan kalo masak kirimin ke rumah dunk ato qta diundang makan, pasti gak nolak,hehe.........

Bunda Zahran mengatakan...

he..he.. ayuk aja mbak e, Kapan nih mau kita coba :-p? Btw, suka otak-otak ga ?

easy mengatakan...

lah... kok gak sinkron cara bikin dengan bahan2 dasar otak2 ?
di bahan2 dasarnya ada tepung sagu 500gram, tapi di cara buatnya gak ada perintah utk nyampurin tepung sagu. jadi sagunya utk apa dunk ?

My Lullabies mengatakan...

tauco manis itu yang seperti apa ya bun?

Leni Nurhayati mengatakan...

salam kenal,

Terimakasih sudah singgah.

Tauco manis itu pada dasrnya sama dengan tauco yang beredar di pasaran. tetpai kalo di bangka, tauco dibedain berdasrkan rasanya. Tauco manis, rasanya ada manis2nya dan tidak terlalu asin. Sedangkan yang beredar banyak dipasar, itu tauco asin. jadi harus banyak dicuci untuk mengurasi rasa asinnya.

Semoga jawabannya berkenan..

Salam,
Leni
bunda@ http://pondokhitamputih.blogspot.com

Anonim mengatakan...

tau bikin otak-otak daun gx? yang khas juga dari belijong?